Pujian yang Spesifik

 

Keberhasilan saya mengendalikan emosi selama dua hari sepertinya mulai menunjukkan hasil positif, mungkin karena terbawa suasana rumah yang kondusif dan bebas dari omelan mama, hari ini Aya menunjukkan sikap yang menurut saya manis sekali. Kebayang kan kalo bisa kaya gini setiap hari?? 

Salah satunya adalah kejadian tadi pagi, Aya sudah tidak sabar untuk mulai belajar sejak jam 8, padahal setiap hari jadwal homeschoolnya dimulai pukul 9. Saya yang masih kewalahan dengan pekerjaan dapur dan si bayi sebenarnya agak terganggu dengan sikapnya yang memburu-buru tapi Alhamdulillah kontrol emosi saya masih bekerja dengan baik. Dan pada akhirnya saya putuskan untuk menyudahi pekerjaan rumah tangga saya dan berbagi tugas dengan sang papa untuk menjaga si adek bayi.

Proses pembelajaran pun berjalan lancar, saya yang memang sudah berniat untuk ikhlas menunda pekerjaan RT Alhamdulillah jadi lebih fokus dan ringan ketika membersamai anak untuk belajar, pun begitu dengan Aya, moodnya relatif positif. Selesai belajar, gantian si adek yang meminta perhatian, mulai merengek-rengek  mencari si emak, mungkin karena sudah mengantuk dan haus ya. Sempet bingung, antara langsung handle si adek, ato percaya sama si Papa buat jagain ehh tanpa saya minta tiba-tiba Aya berkata ‘Ma, kasurnya tak beresin dulu ya’ Masya Allah, manis banget kan. Lalu ia pun sibuk merapikan sprei, membersihkan kasur dan menata bantal-bantal. Setelah ia selesai, saya pun memberikan pujian ‘Makasih ya mbak, sudah mau membereskan kasur tanpa mama minta. Kamu baiikk bangeett sih mbak udah mau bantuin Mama’. Pujian yang spesifik tentunya jauh lebih baik ketimbang hanya sekedar berkata ‘Wah pinternya’, karena dengan begini anak menjadi mengerti, sikapnya yang seperti apa yang kita apresiasi. Plus pujian seperti ini Insya Allah bikin anak lebih menghargai proses.

Sidoarjo,

Dewi Anggraini

 

#hari3

#gamelevel1

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbundasayang

#institutibuprofesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *